Skip to content

Ketergantungan Obat dan Penyalahgunaan Narkoba

Ketergantungan Obat dan Penyalahgunaan NarkobaOrang menggunakan obat untuk berbagai alasan – sebagian besar, meskipun, untuk mematikan rasa sakit kehidupan sehari-hari sehingga mereka tidak harus menghadapinya. Penggunaan narkoba akhirnya berubah menjadi penyalahgunaan narkoba dan akhirnya kecanduan narkoba. Kebanyakan orang menggunakan dua istilah bergantian, tetapi kenyataannya adalah ada perbedaan antara penyalahgunaan narkoba dan kecanduan narkoba.

Penyalahgunaan obat adalah penggunaan obat-obatan terlarang atau penggunaan yang tidak tepat obat legal. Orang-orang yang menyalahgunakan obat menggunakan mereka untuk mendapatkan perasaan tertentu – “tinggi” – bahwa mereka tidak bisa mendapatkan dari zat lain. Seringkali penyalahgunaan narkoba adalah rekreasi dengan obat yang digunakan untuk melonggarkan seseorang dan membuat mereka merasa seperti mereka cocok dengan orang banyak.

Kecanduan narkoba, di sisi lain, adalah penggunaan tak terkendali dari obat-obatan dan ketidakmampuan untuk berhenti menggunakan narkoba meskipun kesehatan atau konsekuensi sosial. Orang-orang dengan kecanduan obat secara fisik dan emosional dapat berhenti menggunakan narkoba. Tubuh mereka telah terbiasa untuk memiliki obat dalam sistem, dan menghentikan penggunaan narkoba membawa sering gejala fisik dan psikologis yang menyakitkan.

Kecanduan obat tidak dimulai dengan penyalahgunaan narkoba ketika seorang individu membuat pilihan sadar untuk menggunakan obat-obatan, tetapi kecanduan tidak hanya “banyak penggunaan narkoba.” Penelitian ilmiah baru-baru ini memberikan bukti bahwa tidak hanya obat mengganggu otak normal berfungsi menciptakan perasaan yang kuat dari kesenangan, tetapi mereka juga memiliki efek jangka panjang pada metabolisme otak dan aktivitas.

Pada titik tertentu, perubahan terjadi pada otak yang dapat mengubah penyalahgunaan narkoba menjadi kecanduan, kronis, kambuh penyakit. Mereka kecanduan obat-obatan menderita keinginan obat kompulsif dan penggunaan dan tidak bisa berhenti dengan sendirinya. Pengobatan diperlukan untuk mengakhiri perilaku kompulsif ini.

Banyak orang melihat penyalahgunaan narkoba dan kecanduan sebagai ketat masalah sosial. Orang tua, remaja, orang dewasa yang lebih tua, dan anggota masyarakat lainnya cenderung mencirikan orang-orang yang menggunakan obat-obatan secara moral lemah atau sebagai memiliki kecenderungan kriminal. Mereka percaya bahwa para pencandu harus dapat berhenti minum obat jika mereka bersedia untuk mengubah perilaku mereka. Ini hanya tidak benar.

Orang-orang dari semua lapisan penyalahgunaan obat hidup dan menjadi kecanduan. Kita bisa mulai memerangi masalah ini jika kita mendidik diri kita sendiri dan satu sama lain tentang penyalahgunaan narkoba dan kecanduan narkoba. Ini adalah epidemi yang terus berkembang yang tidak harus memegang orang atau masyarakat. Penyalahgunaan narkoba dan kecanduan narkoba dapat dihentikan, tetapi hanya jika kita mulai dengan pendidikan.